iklan atas

Saturday 7 November 2015

Tips Menghemat Baterai iPhone

Tips Menghemat Baterai iPhone
Iphone 6s & 6s Plus

Tips Menghemat Baterai iPhone

Perangkat iOS 8 memang dikenal dengan banyak fitur baru dan animasi menarik yang memanjakan mata. Namun dibalik semua hal menariknya, lagi-lagi baterai menjadi korban. Beberapa pengguna mengeluhkan penggunaan baterai yang kian boros jika dibandingkan iOS 7misalnya. Kali ini tim MakeMac akan berbagi beberapa tips mengehemat baterai di iOS 8.1.

1. Cek Daftar Aplikasi yang Makan Banyak Baterai

baterai ios 8
Yuk kita analisa dulu apa saja sih aplikasi di perangkat iPad atau iPhone kamu yang paling banyak menyedot batere. Caranya mudah, masuk aplikasi Settings > General > Usage > Battery Usage. Nah disana kamu dapat melihat penggunaan batere berdasarkan aplikasi serta jangka waktu. Bila ada persentase yang cukup ganjil, (terlalu tinggi dan kamu tidak pernah gunakan misal) coba cek lebih jauh. Apakah aplikasi itu sering nongkrong di multitask, memiliki notifikasi yang berlebihan atau semacamnya.

2. Lebih Jeli Gunakan Fitur Location

baterai ios 8
Beberapa aplikasi di perangkat iOS memang mendukung fitur Location atau menyimpan lokasi untuk sebuah foto, check in atau hal lainnya. Nah matikan saja beberapa yang menurut kamu tidak perlu atau gunakan opsi “While using” untuk membuat fitur tersebut hanya aktif ketika aplikasi digunakan. Berikut ini langkahnya:
Buka aplikasi Settings > Privacy > Location Services. Coba cari beberapa aplikasi yang menggunakan fitur penanda lokasi namun dapat kamu matikan karena tidak kruisial. Saya ambil contoh aplikasi Camera360, tekan ikon aplikasi tersebut lalu pada bagian allow location access silahkan pilih never. Kemudian contoh kedua adalah aplikasi Facebook, gunakan saja pengaturan While Using the App, untuk mengurangi pemakaian fitur lokasi.

3. Rampingkan Notifikasi & Widget iOS 8

baterai ios 8
Sejatinya notifikasi dibuat untuk memudahkan kamu mendapatkan informasi dari hal baru yang ada di aplikasi tersebut – bukan malah bikin pusing. Aturlah notifikasi dengan ringkas dan tetap informatif. Bila memang tidak diperlukan, matika saja notifikasi untuk aplikasi yang suka berisik.
Caranya masuk ke Settings > Notifications lalu pilih aplikasi yang mau kamu atur. Kita ambil contoh aplikasi Dropbox, pilih dari list tadi dan masuk ke pengaturannya. Kamu bisa melakukan kustomisasi seperti menyalakan notifikasi, menampilkan di Notification Center, notifikasi suara, Badge dan alert style. Karena saya sangat jarang membutuhkan notifikasi cepat dari Dropbox, fitur tersetbut akhirnya saya matikan.
Punya banyak akun email yang didaftarkan di aplikasi Mail perangkat iOS? Nah kelola notifikasinya dengan teliti ya, misal untuk akun email dengan inbox ribuan untuk notifikasi sosial media. Matikan notifikasi khusus untuk email tersebut saja, caranya sudah pernah saya bahas di artikel Mematikan Suara Email.
Beralih ke mode Widget, fitur ini baru dikenalkan pada perangkat iOS 8. Awalnya memang menarik sih punya banyak widget, tapi lama-lama bingung juga. Yuk matikan saja dengan cara swipe dari atas ke bawah pada layar perangkat iOS 8, pilih bagian Today. Setelah itu tekan ikon Edit di bagian bawah lalu hapus Widget yang tak diperlukan.

4. Matikan Auto Downloads

baterai ios 8
Saya yakin kamu semua sudah banyak yang melakukan pengaturan ini. Auto Downloads digunakan untuk membuat perangkat kamu selalu mengunduh pembaruan dari aplikasi, musik atau konten lainnya yang dibeli di iTunes Store atau App Store. Namanya juga otomatis, begitu mendapatkan koneksi internet, fitur ini akan menjalankan tugasnya dan terkadang waktunya mungkin tidak tepat (akhir bulan misal, kuota paket data kamu sudah minim).
Silahkan buka aplikasi Settings > iTunes & App Store lalu scroll ke bagian Automatic Download lalu matikan pengaturan yang tidak kamu perlukan. Tim MakeMac biasa mematikan fitur Auto Downloads di bagian Apps dan Updates agar dapat mengamati sebuah aplikasi dalam versi lama lalu update setelah diperlukan.

Baca Juga:

5. Matikan Fitur Handoff

baterai ios 8
Perangkat iOS 8 dan OS X Yosemite dapat bekerja secara bebarengan dengan kehadiran fitur Handoff. Kamu dapat membalas pesan, menggunakan fitur instant hotspot bahkan mengangkat telepon dari komputer! Jarang menggunakannya? Matikan saja fitur ini agar menyelamatkan baterai perangkat iPhone atau iPad. Caranya mudah yaitu lewat aplikasi Settings > General > Handoff & Suggested Apps.

6. Lebih Bijak Menyalakan Paket Data & Wi-Fi

baterai ios 8
Agar lebih hemat baterai dan dapat tetap terhubung dengan internet, saya biasa mengandalkan Wi-Fi yang ada di kantor atau lingkungan tempat tinggal. Saat menggunakan Wi-Fi, jangan lupa matikan paket data kamu dengan cara buka aplikasi Settings > Cellular > Cellular Data > Off.
Jangan lupa untuk mematikan pengaturan Personal Hotspot jika sedang tidah digunakan ya. Pengaturannya juga ada di bagian Cellular Data kok. Bagi kamu yang belum tahu, Personal Hotspot adalah fitur untuk mengolah jaringan selular data di perangkat iPhone agar dapat digunakan oleh perangkat lain menggunakan Wi-Fi.

7. Masih Saja Boros? Jurus Terakhir, Restore!

baterai ios 8
Sudah melakukan semua langkah tadi tapi masih tetap boros baterai? Jurus terakhir yang dapat kamu tempuh adalah melakukan restore. Langkah ini bisa dicoba untuk kamu yang terakhir kali melakukan update iOS dengan metode OTA (Over The Air). Tutorial melakukan restore dapat kamu lihat di artikel 3 cara update iOS 8, namun pastikan kamu paham iOS terbaru sekarang ada di versi berapa ya.

Sekian Tips Menghemat Baterai iPhone
Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment