iklan atas

Monday 9 November 2015

Pentingnya Berorganisasi


Pentingnya Berorganisasi dan Manfaat Berorganisasi



hari ini gue mau bahas mengenai organisasi, tapi yang gue bahas disini bukan mengenai teori-teori berkaitan dengan organisasi, melainkan penting atau tidaknya berorganisasi serta manfaat-manfaat yang bisa lo dapetin ketika lo terlibat di dalam sebuah organisasi


Organisasi penting ga sih? Dalam hidup ini, manusia pasti dihadapkan kepada berbagai pilihan, seperti memilih menu makanan ketika lo berada di restoran, memilih baju ketika lo mau ngampus memilih pacar yang cantik/ganteng. Nah, sama halnya dengan organisasi, ketika lo memasuki dunia kampus, lo akan disuguhi berbagai pilihan tentunya, apakah lo akan jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang), atau kunang-kunang (kuliah nangkring-kuliah nangkring), dan kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat), gatau lagi hewan apa, dari ketiga tipe tersebut, gue pikir kalau lo ikut organisasi maka lo akan masuk dalam kategori yang ketiga, yaitu kura-kura. kenapa kura-kura? kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat) bukan berati tiap pulang kuliah lo rapat terus-menerus sampe subuh, bukan. cuma ketika lo memilih organisasi pasti lo ga akan terlepas dengan kegiatan rapat. Rapat disini artinya luas, rapat ketika lo bareng anggota lo akan melaksanakan proker (program kerja yang udah disusun di awal kepemgurusan, rapat ketika organisasi lo menemukan persoalan, rapat ketika ada sesuatu yang harus dicapai bersama dan banyak lagi. emang apa sih manfaatnya? banyak cuk, gila aja lo, ni gua kasi tau.



Manfaat Berorganisasi:




1. Lebih PD 
- kenapa lebih PD? iya, jika lo terlibat dalam organisasi pasti suatu saat lo harus bicara di depan umum baik menyampaikan argumen, mengusulkan ide, membantah argumen orang, banyak lagi lah. Apalagi ketika lo jadi ketua pelaksana sebuah program kerja, mau ga mau lo harus ngomong di depan banyak orang, dan tidak langsung lama-kelamaan lo lebih pd untuk berhadapan dengan banyak orang. 











2. Memperluas link - banyak orang tidak sadar dengan manfaat yang satu ini, ya memperluas link, kok bisa? iya, secara tidak langsung lo menambah relasi lo, dan lo membuat public relation lo menjadi lebih luas, apalagi skala organisasi yang lo ikutin itu sudah taraf nasional bahkan internasional. Dan banyak sekali manfaat jika relasi lo luas, ya lu tau sendiri lah contoh nya ya, ketika lo lulus kuliah lo masih nganggur relasi lo udah kerja semua, ya lo telpon aja mereka, tanya ada lowongan ga, kalo ada kan mantap, cuk, siapa tau lo bisa daftar terus di terima. 








3. pengembangan Pemikiran 
-iya, soalnya dalam organisasi kita kadang harus menyelesaikan banyak persoalan yang terjadi dan kita dituntut untuk menyelesaikannya (solve the problem). Dan pemikiran lo pasti berkembang, terkadang secara tidak sadar lo akan berpikiran out of the box 







 4. Lebih Pandai bekerja sama 

-pastinya ketika lo melaksanakan suatu program kerja dan lo akan bekerja sama bagaimana agar proker lo ini tercapai sesuai harapan, disini lo akan terlatih dengan sendirinya. Itu sih empat manfaat versi gue, ini versi gue mana versi lo? tapi ingat, empat manfaat di atas bisa lo dapetin kalau lo punya komitmen yang kuat ketika lo terlibat dalam sebuah organisasi, kalau ga punya komitmen, kelaut aja. Actually, masih banyak manfaat yang bisa lo dapetin ketika lo terlibat dalam organisasi, tapi kembali lagi ini versi gue. Barang kali itu aja yang mau gue bahas kali ini, semoga apa yang gue tulis ini ada manfaatnya, dan lo bisa berpikir bahwa organisasi itu penting, dan akhir nya lo bisa bedain mana yang pernah terlibat dalam orgnaisasi dan yang engga.

Demikian manfaat pentingnya berorganisasi
Thank you for your coming, dan kesempurnaan hanya milik Allah dan lagunya andra & the backbone. 

0 comments:

Post a Comment